Matrix minoritas muslim di prancis




Sejarah dan perkembanganya
demografi
Lembaga keagamaan
Dialektika sosial,politik, keagamaan
problem
Islam pertama kali masuk prancis pada abad ke 8, baru pada abad ke 12 hingga 15 orang-orang islam mulai menempati kota-kota di selatan prancis
-1 januari 2010 populasi di perancis mencapai 65.447.374 orang juga termasuk dari berbagai warga negara.
-pda tahun 2000-20006 berdasarkan perkiraan badan intelejen CIA muslim di perancis mencapai 5-10% populasi.
-pada tahun 2000 menteri dalam negeri memperkirakan 4,1 juta anak dilahirkan dari populasi muslim di perancis dan 40.000 orang menyatakan masuk islam.
Masjid paris, federasi nasional muslim, persatuan organisasi islam perancis.

-Tahun 2004 pemerintah prancis secara resmi mengeluarkan peraturan larangan memakai jilbab bagi pelajar dan pegawai negeri muslimah selama mereka berada di lingkungan sekolah dan lingkungan kerja.
-adzan tidak boleh di kumandangkan apabila suaranya terdengar hingga di luar masjid.
-menara masjid tidak boleh lebih tinggi dari 30 M. 

Islam di eropa tersebar secara bertahap yang puncaknya ketika peristiwa reconquista (pengusiran besar-besaran terhadap muslim oleh raja Ferdinan dan istrinya ratu Isabelle, 1492). Di perancis sendiri penyebaran islam dilakukan oleh para imigran yang berasal dari negeri maghribi (aljazair, maroko, libya, mauritania dll).
Selanjutnya adalah korban perang dunia I dan II (palestina, turki, tunisia, iran dll), pada tahun 1960-an sebagian besar muslim berasal dari aljazair (negara bekas jajahan prancis) karena pada saat itu prancis membutuhkan banyak tenaga untuk membangun negaranya karena perang.
Sejak peristiwa 11 september 2001 islam mendapat cap teroris hingga memunculkan islamophobia. banyak orang-orang islam dari negara muslim yang bermigrasi ke prancis untuk mencari perlindungan dari para pemburu teroris.
Demografi merupakan kesatuan informasi dan penelitia mengenai populasi dalam suatu jarak waktu. Motto negara perancis adalah kebebasan, keadilan dan persaudaraan.

Comments

Popular Posts